Artikel

Ini Perbedaan Utama Besi Beton Ulir dan Polos

Ini Perbedaan Utama Besi Beton Ulir dan Polos

Posted on December 6, 2021

Besi beton adalah salah satu jenis besi baja yang paling sering digunakan pada konstruksi-konstruksi di Indonesia. Besi beton memiliki dua jenis yang berbeda, yakni: besi beton polos dan besi beton ulir. Meski sekilas terlihat sama, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Kira-kira apa saja perbedaan antara keduanya?

Geser ke bawah untuk cari tahu lebih lanjut tentang perbedaan besi beton polos dan ulir.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, besi beton memiliki dua jenis yakni besi beton ulir (sering disebut juga sebagai tulangan sirip) dan besi beton polos (sering disebut juga sebagai tuluangan polos). Keduanya sama-sama sering digunakan dalam perancangan konstruksi di Indonesia. Meski terlihat sama, keduanya memiliki beberapa perbedaan, baik dari segi tampilan, fungsi, dan hal lainnya. Apa saja ya?

Perbedaan Besi Beton Ulir dan Polos

1. Perbedaan Besi Beton Polos dan Besi Beton Ulir dari segi bentuk

Dari segi tampilan dan bentuk, besi polos dan besi ulir memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan yang pertama bisa nampak dari bentuknya, besi polos memiliki penampang yang berbentuk bundar sempurna dan permukaannya licin. Sebaliknya, besi beton ulir memiliki garis-garis ulir di permukaan besi bajanya. Pola uliran ini memiliki motif dan bentuk yang berbeda-beda, umunya berbentuk sirip ikan yang memuntir. 

2. Perbedaan Besi Beton Polos dan Besi Beton Ulir dari segi fungsi

Secara fungsi, sebenarnya kedua jenis besi beton ini memiliki kemiripan. Namun besi beton ulir dapat mengikat dengan lebih baik dibandingkan besi beton polos, oleh karena besi beton ulir sering digunakan pada bangunan atau gedung-gedung bertingkat. Besi polos dan besi ulir juga bisa digunakan bersamaan, besi polos bisa digunakan untuk membungkus besi beton ulir dalam konstruksi.

3. Perbedaan Besi Beton Polos dan Besi Beton Ulir dari segi harga

Karena besi boton ulir memiliki tambahan sirip di batangnya, otomatis produsen perlu menambahkan material besi baja yang lebih banyak dibandingkan besi beton polos. Penambahan material besi baja untuk ulirnya inilah yang menyebabkan adanya perbedaan harga antara besi beton polos dan besi beton ulir. Besi beton ulir biasanya dihargai lebih mahal dibandingkan dengan besi beton polos.

4. Perbedaan Besi Beton Polos dan Besi Beton Ulir dari segi ketahanan

Besi beton ulir memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan besi beton polos. Besi beton polos lebih mudah untuk ditekuk, dibentuk serta dipasang. Sebaliknya, Besi Beton Ulir relatif lebih sulit untuk dipasang dan ditekuk. Berbagai uji juga membuktikan bahwa besi beton ulir memiliki daya tahan yang lebih kuat, yakni memiliki daya tahan setidaknya 400 Mpa. Besi beton polos memiliki daya tekan yang lebih rendah, yakni hanya sekitar minimal 240 Mpa saja.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, besi beton ulir memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan besi beton polos. Meski begitu, bukan berarti anda harus menggunakan besi beton ulir di setiap konstruksi yang akan anda bangun. Anda bisa memilih besi beton yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

Misalnya, bangunan yang akan anda bangun hanya 1 lantai dan tidak akan menahan beban berat, maka penggunaan besi beton polos sudah cocok. Namun apabila anda berencana untuk membuat bangunan bertingkat, maka besi beton ulir adalah pilihan terbaik bagi anda. Anda bisa melihat tips memilih besi beton yang cocok untuk anda di artikel berikut ini: Tips Memilih Besi Beton

Jadi itu dia empat perbedaan utama antara besi beton polos dan besi beton ulir. Jika anda membutuhkan besi beton polos atau ulir berkualitas dan jenis besi baja lainnya, silahkan hubungi Wiramas melalui kontak berikut untuk dapatkan penawaran harga terbaik:

📱 : 0821-2525-5118 (Albert)
✉️ : marketing@wiramas.com

PT Wiramas Indo Bangun adalah salah satu distributor dan supplier besi beton di Surabaya yang siap melayani permintaan barang di seluruh Indonesia.

_PRINT