Artikel

Cara Menghitung Berat Plat Bordes

Cara Menghitung Berat Plat Bordes

Posted on April 6, 2022

Plat bordes adalah salah satu material yang sering digunakan dalam fabrikasi, utamanya dalam kendaraan dan bangunan. Bordes digunakan karena permukaannya yang tidak licin sehingga dapat menghindari slip. Plat bordes umumnya dijual dalam hitungan kg. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui berat plat bordes yang akan anda beli. 

Terus geser ke bawah untuk melihat rumus menghitung berat plat bordes di bawah ini untuk dapat mengetahui berat plat bordes yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kebutuhan plat besi dalam dunia konstruksi maupun fabrikasi cukup tinggi. Plat besi cukup mudah ditemui dan dapat dengan mudah dibeli di berbagai toko besi dan distributor baja. Plat besi sendiri terdiri atas beberapa jenis, yakni: plat besi/hitam, plat kapal, plat bordes, plat stainless dan lain sebagainya.

Salah satu plat yang umum digunakan adalah plat bordes. Plat bordes sendiri adalah plat yang cukup berbeda dengan jenis plat lainnya. Jika jenis plat lainnya mempunyai permukaan yang rata, plat bordes memiliki kembangan timbul menyerupai bunga atau cakar ayam di permukaanya. 

Plat bordes memiliki beberapa fungsi, umumnya plat bordes sering digunakan untuk kendaraan dan bangunan. Plat bordes sering dipakai untuk membuat lantai bus, mobil pick up, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bangunan, plat bordes kerap dimanfaatkan untuk membuat tangga. Bordes digunakan sebagai alas karena permukaan plat bordes yang tidak licin dan dapat menghindari slip.

Plat bordes memiliki ukuran standar berdimensi 1200 x 2400 mm atau 4' x 8' dengan ketebelan 2,3 mm hingga 6 mm. Plat bordes dijual dalam satuan kilogram. Oleh karena itu, apabila anda memiliki kebutuhan akan plat bordes, penting bagi anda untuk mengetahui berat dari plat bordes yang akan anda beli.

Jadi, bagaimana cara menghitung berat plat bordes?

Simak informasinya di bawah ini.

Rumus menghitung berat plat bordes 

4’ x 8’ = (Tebal (mm) x 23,33) + 5 kg = Berat (Kg)

Jadi, apabila anda membutuhkan informasi berat plat bordes 4' x 8' dengan tebal 2.3 mm, maka anda bisa melakukan perhitungan sebagai berikut: (2.3 x 23.33) + 5 kg = 58.659 kg , pembulatan menjadi 59 kg. Begitu juga apabila anda memerlukan informasi berat plat bordes 3 mm, maka perhitungannya sebagai berikut: (3 x 23.33) + 5 kg = 74.99 kg, pembulatan menjadi 75 kg.

Cukup mudah kan?

Dengan rumus sederhana di atas, anda sudah bisa menghitung berat plat bordes dengan dimensi 4' x 8' berapapun ketebalannya. Perlu diingat bahwa cara di atas hanya bisa digunakan utnuk menghitung berat plat bordes saja, apabila anda ingin menghitung berat plat besi dan plat kapal, anda bisa melihat caranya di sini: Cara Menghitung Berat Plat Besi dan Plat Kapal.

Apabila anda membutuhkan tabel berat plat bordes ukuran 4' x 8', anda bisa melihatnya di halaman berikut ini: Ukuran Plat Besi

Jadi itu dia cara menghitung berat plat bordes yang bisa digunakan untuk plat bordes berdimensi 4' x 8' dengan variasi ketebalan berapapun. Semoga tulisan ini dapat membantu anda dalam pemenuhan kebutuhan plat bordes anda. Apabila saat ini anda membutuhkan plat bordes untuk proyek anda, kami dapat membantu anda.

PT. Wira Mas Indobangun adalah distributor dan supplier plat bordes berkualitas di Surabaya yang siap menerima permintaan dari seluruh Indonesia. Silahkan hubungi Wira Mas melalui kontak berikut untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

HUBUNGI MARKETING
marketing3

ALBERTUS
APRILLIO
wa call mail

dewikharisma

DEWI
KHARISMA
wa call mail

artboard4 ANDREAS
AGUNG
OFFLINE
marketing2 AGUS
PRIMA
OFFLINE

_PRINT