Artikel

Besi Beton vs Wiremesh, Lebih Baik Mana?

Besi Beton vs Wiremesh, Lebih Baik Mana?

Posted on January 10, 2022

Saat ini, saya yakin anda sedang kebingungan untuk memilih satu diantara dua pilihan: menggunakan Wiremesh atau Besi Beton dalam konstruksi anda.

Jika iya, maka anda masuk ke website yang tepat. Dalam kesempatan ini, kami akan membahas perbedaan antara Wiremesh dan Besi Beton dan membantu menjelaskan kira-kira Wiremesh atau besi beton yang tepat untuk anda?

Terus geser ke bawah untuk cari tahu mana yang lebih baik antara besi beton dan wiremesh.

Penggunaan wiremesh dalam beberapa waktu terakhir cukup tinggi, wiremesh dianggap menjadi solusi yang lebih praktis sebagai pengganti besi beton untuk kebutuhan konstruksi tertentu. Tapi apakah wiremesh memang benar unggul dibandingkan besi beton? mari kita lihat. 

Mengenal Wiremesh

Wiremesh adalah rangkaian baja tulangan berulir yang dibuat membentuk persegi. Umumnya, wiremesh digunakan sebagai tulang dalam pengecoran untuk lantai sebuah bangunan. Wiremesh umumnya diproduksi menggunakan sistem las otomatis. Wiremesh memang bukan material utama dalam konstruksi, namun wiremesh diperlukan agar tulangan konstruksi pad abeton, seperti pondasi, shear wall, jalan raya dan lain sebagainyabisa berdiri dengan lebih kokoh dan kuat.

Mengenal Besi Beton

Berbeda dengan wiremesh, besi beton adalah salah satu material yang sering dipakai untuk konstruksi suatu bangunan. Besi beton sering digunakan sebagai rangka utama yang menyusun struktur bangunan. Besi beton sering digunakan sebagai tulang-tulang dalam pembangunan gedung karena kemampuannya untuk menarik dan menahan gaya tekan. Besi beton sendiri terdiri atas besi beton polos dan besi beton ulir, lihat perbedaanya di sini: Perbedaan besi beton polos dan ulir

Besi beton vs wiremesh, mana yang lebih baik?

besi beton vs wiremesh mana yang lebih baik

Setelah mengenal wiremesh dan besi beton, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama. Kira-kira mana yang cocok untuk proyek anda, wiremesh atau besi beton ya?

Dari segi pemasangan

Dari segi ini, tentu wiremesh unggul dibandingkan besi beton konvensional. Mengapa? seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa wiremesh adalah rangkaian baja tulangan berulir yang dirangkai dan telah disambungkan sedemikian rupa sehingga membentu persegi. Jadi, pada saat anda membeli wiremesh, anda akan langsung menerima rangkaian baja tersebut dalam kondisi sudah tersambung satu sama lain. Hal ini akan menghemat banyak waktu dibandingkan anda membeli besi beton konvensional dan harus memotong dan merakitnya satu per satu lagi. Selain itu, effort yang harus dilakukan dalam proses instalasi wiremesh juga lebih ringan dibandingkan besi beton.

Dari segi ketahanan

Seperti yang dapat anda bayangkan, wiremesh dan besi beton memiliki perbedaan dari segi ketahanannya. Besi beton unggul dibandingkan dengan wiremesh dari segi kekuatannya, baik penggunaan secara vertikal maupun horizontal. Umumnya, ketebalan besi baja wiremesh relatif kecil, hal ini berbeda dengan besi beton yang memiliki banyak variasi ketebalan yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

Dari segi transportasi

Ukuran panjang dari besi beton adalah 12 m. Oleh karena itu, anda perlu menyiapkan truk dengan ukuran panjang yang memadai untuk mengangkut besi beton ke proyek anda. Sebenarnya anda bisa menekuk besi beton menjadi kurang lebih 6 m pada saat muat ke truk, namun hal ini bisa menghambat waktu pengerjaan anda karena perlu menekuk dan melakukan pelurusan lagi saat barang tiba di proyek. Hal ini berbeda dengan wiremesh yang memiliki panjang hanya 5.4 m sehingga lebih mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Dari segi penyimpanan

Besi beton memerlukan tempat yang panjang, minimal 12 meter untuk menyimpan stok besi beton untuk proyek anda. Sebaliknya, anda hanya memerlukan ruang yang tidak terlalu besar untuk menyimpan wiremesh. Ukuran ruangan 2.5 x 5.5 m sudah cukup untuk menyimpan wiremesh anda.

Dari segi aplikasinya

Apabila membandingkan penggunaannya, besi beton tentu unggul dibandingkan dengan wiremesh. Banyak kontraktor memilih besi beton dibandingkan dengan wiremesh karena hal ini. Wiremesh hanya bisa digunakan untuk struktur horizontal seperti lantai. Sebaliknya, besi beton bisa digunakan untuk struktur-struktur vertikal juga seperti balok, kolom, dan lain sebagainya. 

Dari segi harga

Banyak kontraktor menentukan material apa yang akan digunakan berdasarkan dari harga. Jika iya, faktor ini mungkin  menjadi salah satu faktor utama yang menentukan pilihan anda. Besi beton tentu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan wiremesh, bergantung dari ketebalan dan spesifikasi yang dibutuhkan.

Wiremesh dibuat dari besi baja yang lebih kecil dibandingkan dengan besi beton sehingga wiremesh dijual lebih murah. Selain itu, apabila anda ingin menggunakan besi beton, anda juga perlu menyiapkan dana untuk membeli material pelengkapnya seperti besi begel dan kawat bendrat. Ketersediaan stok barang di toko besi terdekat juga jadi pertimbangan. Besi beton relatif lebih mudah dicari dibandingkan dengan wiremesh di toko besi-toko besi yang ada di daerah.

Jadi itu dia 6 faktor yang bisa anda pertimbangkan sebelum memilih besi beton atau wiremesh untuk keperluan proyek anda. 

PT Wiramas Indo Bangun adalah salah satu distributor besi beton dan wiremesh yang siap melayani permintaan barang di seluruh Indonesia. Jika anda membutuhkan besi beton dan wiremesh berkualitas dan jenis besi baja lainnya, silahkan hubungi Wira Mas melalui kontak berikut untuk dapatkan penawaran harga terbaik.

 

HUBUNGI MARKETING
marketing3

ALBERTUS
APRILLIO
wa call mail

dewikharisma

DEWI
KHARISMA
wa call mail

artboard4 ANDREAS
AGUNG
OFFLINE
marketing2 AGUS
PRIMA
OFFLINE

_PRINT