Artikel

Cara Menghitung Berat Hollow (Pipa Kotak)

Cara Menghitung Berat Hollow (Pipa Kotak)

Posted on January 14, 2022

Hollow atau yang sering disebut juga sebagai pipa kotak adalah salah satu besi yang banyak digunakan dalam konstruksi saat ini. Besi Hollow biasanya dijual berdasarkan ukurannya sehingga umumnya berat pipa kotak tersebut tidak dicantumkan atau diberitahukan.

Oleh karena itu, apabila anda sedang mencari bagaimana cara menghitung berat pipa kotak atau hollow maka anda masuk ke artikel yang tepat.

Geser ke bawah untuk cari tahu lebih lanjut tentang cara menghitung berat hollow atau pipa kotak.

Sekilas tentang Pipa Kotak

Pipa kotak adalah besi yang berbentuk batangan dengan panjang standar 6 meter dengan rongga di bagian tengahnya. Besi hollow akhir-akhir ini banyak dipakai untuk menggantikan rangka kayu. Selain pipa besiCNP dan UNP, besi hollow banyak dipilih karena memiliki sifat yang lebih kokoh dan kualitas yang seragam karena diproduksi di pabrik yang telah terstandarisasi. Selain itu, pipa kotak juga unggul dalam hal pemasangan yang lebih cepat, anti karat, bebas biaya perawatan dan lebih tahan lama.

Pipa kotak terdiri atas dua jenis yang diambil dari material pembuatnya, yakni hollow hitam: pipa kotak berawarna hitam yang sering dipakai dan hollow galvanis: pipa kotak yang diproduksi dari galvanis yang memiliki sifat anti karat dengan bodi yang lebih mengkilap dibandingkan dengan pipa kotak hitam.

PT. Wira Mas Indobangun adalah salah satu distributor dan supplier pipa kotak/hollow hitam dan hollow galvanis dengan harga terbaik di Surabaya yang siap melayani permintaan barang di seluruh Indonesia.

cara menghitung berat besi hollow

Cara Menghitung Berat Pipa Kotak atau Hollow

Cara menghitung besi hollow bukanlah perkara yang sulit, anda hanya perlu mengetahui ukuran berapa hollow yang akan anda hitung dan mengkalikannya. Sebagai contoh, kita akan mencoba menghitung berat besi hollow 50 x 50 dengan ketebalan 2 mm. Perhitungan beratnya sebagai berikut:

Berat Hollow = ((W+H) x 2 x L x B x BJ) : 1.000.000

W = lebar (50 mm)

H = tinggi (50 mm)

L = panjang (6000 mm / 6 m)

B = ketebalan (2 mm)

BJ = berat jenis besi (7.85 kg)

Jadi, anda bisa memasukkan angka-angka di atas ke dalam rumus.

Berat Hollow / Pipa Kotak = ((50+50) x 2 x 6000 x 2 x 7.85) : 1.000.000

Berat Hollow / Pipa Kotak = 18,84 kg.

Jadi, berat pipa kotak / hollow 50 x 50 tbl 2 mm adalah 18,84 kg.

Bagaimana, rumus untuk menghitung berat pipa kotak cukup mudah ya? Anda bisa menggunakan rumus yang sama untuk menghitung berat pipa kotak 100, 80, 40, dan ukuran-ukuran lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang masih kebingungan menghitung berat pipa kotak, ya.

PT. Wira Mas Indobangun adalah distributor dan supplier pipa kotak (hollow) hitam, galvanis, dan stainless di Surabaya yang telah menyuplai kebutuhan pipa kotak dari seluruh Indonesia.  Apabila saat ini anda membutuhkan pipa kotak atau hollow berkualitas ataupun jenis besi baja lainnya, silahkan hubungi Wira Mas melalui kontak berikut untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

 

 

HUBUNGI MARKETING

marketing3

ALBERTUS APRILLIO

wa call mail

marketing1

DAVID CHANIAGO

wa call mail

marketing2

AGUS PRIMA

wa call mail

_PRINT