Artikel

Modifikasi WF dan H Beam, Apa Saja?

Modifikasi WF dan H Beam, Apa Saja?

Posted on March 2, 2022

Kira-kira ada berapa jenis modifikasi WF dan H Beam yang ada saat ini ya? 

Yuk terus geser ke bawah untuk mencari tahu apa saja jenis-jenis modifikasi WF dan H Beam.

Wide Flange (WF) dan H Beam adalah jenis material besi baja yang paling sering digunakan dalam konstruksi. Kepopuleran WF bukan tanpa alasan, WF dikenal memiliki 5 keunggulan dibandingkan dengan jenis material lainnya, keunggulan-keunggulannya antara lain: Dari segi desain, durabilitas, kekuatan, fleksibel, dan efektivitas biaya. WF dan H Beam memiliki durabilitas yang sangat baik dan tidak memerlukan perawatan berlebihan.

Selain itu, banyak kontraktor memfavoritkan besi baja WF dan H Beam karena kedua jenis besi ini dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan sehingga dapat digunakan secara lebih efektif. Saat ini, ada beberapa jenis modifikasi WF dan H Beam yang umum di pasaran. Kira-kira apa saja ya? 

MODIFIKASI WF DAN H BEAM, APA SAJA-min

Yuk terus baca ke bawah untuk mencari tahu jenis-jenis modifikasi WF.

1. Honeycomb / Kastela

2. T Beam

3. King Cross

4. Queen Cross

Yuk simak informasi di bawah ini untuk mengenal lebih dekat tentang modifikasi WF tersebut.

1. Honeycomb / Kastela

Salah satu bentuk modifikasi dari WF yang paling populer adalah Honeycomb atau sering disebut juga sebagai Kastela (Castellated Beam). Balok honeycomb adalah balok yang berasal dari WF atau H Beam yang dimoidifikasi pada bagian webnya. Modifikasi ini menyebabkan balok ini memiliki ketinggian 1/2 kali lebih tinggi dari ukuran aslinya. Pembeda utama antara WF Honeycomb dan WF biasa adalah adanya lubang-lubang hexagonal di bagian webnya yang menyerupai sarang lebah. Peningkatan ketinggian ini juga diikuti dengan peningkatan momen nominal dari profil baja tersebut sebesar kurang lebih 1,5 besar dibandingkan balok WF asli.

2. T Beam

Apa itu T Beam? istilah yang satu ini tidak sepopuler honeycomb. T Beam (Tee Beam) adalah profil baja hasil modifikasi dari WF atau H Beam yang berbentuk T dan digunakan dalam dunia konstruksi. Seperti yang dijelaskan tadi, T beam tidak sepopuler WF Honeycomb atau Kastela. Ciri khas dari profil baja ini yakni tidak memiliki flange pada bagian bawah karena telah dimodifikasi / dipotong. Jadi sederhanannya, T beam 200 adalah WF 400 yang dipotong menjadi dua bagian.

3. King Cross

Balok modifikasi dari WF selanjutnya adalah WF King Cross. WF King Cross adalah gabungan dari dua profil baja WF menjadi satu hingga menyerupai bentuk huruf X. Material baja WF King Cross ini memiliki kekuatan yang sangat bisa diandalkan karena memiliki kuat aksial yang tinggi pada arah X dan arah Y. Oleh karena itu, King Cross cocok digunakan sebagai tiang atau kolom pada suatu bangunan. Selain King Cross, ada satu lagi profil baja hasil modifikasi dari WF yakni Queen Cross. Seperti apa ya kira-kira?

4. Queen Cross

Queen Crosss serupa dengan King Cross, namun dengan bentuk yang sedikit berbeda. Apabila untuk membuat King Cross anda perlu menggabungkan dua profil baja WF menjadi satu, untuk Queen Cross anda perlu menggabungkan satu profil WF dan satu profil T Beam. Dibandingkan dengan King Cross, Queen Cross memiliki kuat aksial yang lebih rendah dibandingkan dengan King Cross, namun tetap lebih baik daripada WF standar.

Anda bisa menggunakan modifikasi WF dan H Beam di atas untuk kebutuhan konstruksi anda. Selain menjual dalam bentuk dan ukuran asli, kami juga menjual profil T Beam, WF Honeycomb, King Cross, dan Queen Cross. Jika anda memiliki kebutuhan untuk item-item di atas, silahkan kontak Wira Mas melalui nomor di bawah ini untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. PT Wira Mas Indobangun adalah salah satu distributor dan supplier besi baja WF dan H Beam di Surabaya yang siap melayani permintaan barang di seluruh Indonesia. 

 

HUBUNGI MARKETING

marketing3

ALBERTUS APRILLIO

wa call mail

marketing1

DAVID CHANIAGO

wa call mail

marketing2

AGUS PRIMA

wa call mail

 

_PRINT