Cara Menghitung Berat Plat Besi dan Plat Kapal

Sekilas tentang plat besi

Plat besi adalah besi lembaran dengan permukaan yang rata. Seperti yang sudah disampaikan tadi, plat besi merupakan salah satu bahan baku utama dalam fabrikasi dan juga konstruksi. Plat besi memiliki banyak fungsi, diantaranya: alas, lapisan pagar, pembuatan tangki air, karoseri, dan lain sebagainya. Plat besi terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya plat besi/hitam dan plat kapal.

Plat besi atau plat hitam sering disebut juga sebagai plat eser. Plat besi memiliki ukuran standar 4' x 8' atau 1.2 m x 2.4 m atau seukuran triplek. Perbedaannya jelas apabila triplek dibuat dari kayu, plat besi dibuat dari bahan besi yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang jauh lebih baik. 

Jenis plat lainnya adalah plat kapal. Plat kapal dan plat besi sama-sama dibuat dari material besi. Dari segi kegunaanpun tidak terlalu jauh berbeda. Satu hal yang membedakan antara plat kapal dan plat besi adalah ukurannya. Plat kapal memiliki dua variasi ukuran, yakni 5' x 20' dan 6' x 20'. Plat kapal memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan plat besi. Otomatis, plat kapal memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan plat besi.

Selain plat kapal dan plat besi, ada beberapa jenis plat lainnya seperti plat bordes dan juga plat stainless yang akan kita bahas di lain kesempatan.

menghitung berat plat besi-min

Untuk menghitung berat plat besi atau plat kapal bukanlah hal yang sulit, anda hanya perlu melakukan perhitungan sederhana untuk bisa menemukan berat plat besi atau plat kapal. Lalu bagaimana caranya?

Yuk terus baca ke bawah untuk cari tahu rumus menghitung berat plat besi atau plat kapal.

Baca juga: Cara menghitung berat pipa kotak atau hollow

Rumus menghitung berat plat besi atau plat kapal

Berat plat besi = ketebalan x 23.33 kg

Berat plat kapal 5' x 20' = ketebalan x 72.9 kg | Berat plat kapal 6' x 20 = ketebalan x 87.5 kg

Sebagai contoh,

Plat besi 4' x 8' dengan ketebalan 10 mm, berapa beratnya?

Setelah mengetahui ketebalannya, maka anda bisa langsung menghitungnya sesuai rumus di atas.

10 x 23.33 = 233.3 kg.

Sangat mudah, ya?

Contoh selanjutnya:

Plat kapal 5' x 20' dengan ketebalan 20 mm, berapa beratnya?

20 x 72.9 kg = 1.458 kg.

Pertanyaan:

Berapa berat dari plat kapal 6' x 20' dengan ketebalan 17 mm? 

 

Jadi itu dia cara atau rumus menghitung berat plat besi dan plat kapal yang bisa anda gunakan. Namun apabila anda ingin cara yang lebih simpel, anda bisa melihat tabel berat plat besi dan plat kapal yang sudah kami siapkan di artikel berikut ini: tabel berat plat besi dan plat kapal

Apabila saat ini anda sedang membutuhkan plat besi dan plat kapal, silahkan hubungi Wira Mas melalui kontak berikut untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. PT Wira Mas Indobangun adalah supplier dan distributor plat besi dan plat kapal serta jenis besi, baja, dan stainless steel lainnya yang siap melayani permintaan dari seluruh Indonesia.

 

HUBUNGI MARKETING

marketing3

ALBERTUS APRILLIO

wa call mail

marketing1

DAVID CHANIAGO

wa call mail

marketing2

AGUS PRIMA

wa call mail



Dipublikasikan di https://wiramas.com/index.php?p=news&action=shownews&pid=49 pada tanggal 23 Februari 2022