Artikel

8 Merk Besi Beton SNI Terbaik 2023

8 Merk Besi Beton SNI Terbaik 2023

Posted on March 22, 2022

Karena vitalnya peranan besi beton dalam konstruksi anda, maka sudah selayakknya anda memastikan bahwa besi beton yang akan anda gunakan dalam proyek anda harus memiliki kualitas yang prima. Salah satu indikator kualitas dari besi beton adalah standar SNI. Spesial untuk anda, Wira Mas sudah menyiapkan daftar 8 besi beton SNI berkualitas yang bisa anda jadikan pilihan untuk proyek anda.

Geser terus ke bawah untuk cari tahu lebih lanjut merk-merk besi beton SNI berkualitas yang ada di Indonesia saat ini.

Besi beton memiliki peranan yang vital sebagai tulang atau rangka bangunan. Besi beton dimanfaatkan hampir di setiap bangunan, entah itu rumah, waduk, jalanan, bendungan, irigasi, jembatan, tanggul, hingga gedung bertingkat. Oleh karena itu, pemilihan besi beton harus benar-benar cermat dan tepat. Besi beton yang akan anda gunakan dalam konstruksi anda harus berkualitas. Indikator kualitas dari suatu besi beton adalah telah memenuhi standar SNI. 

Baca juga: Besi beton vs wiremesh, pilih mana?

Menurut Badan Standarisasi Nasional (BSN), besi beton berkualitas memiliki toleransi yang masih masuk dalam batas kewajaran. Lalu berapa batas kewajaran toleransi besi beton merujuk pada BSN (SNI 2052-2017)? Anda bisa melihatnya dalam tabel di bawah ini.

standar sni bsn 2017

Sumber: Badan Standarisasi Nasional (BSN), 2017

Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa batas toleransi diameter 6 mm kurang lebih 0,3 mm, 8 - 14 kurang lebih 0,4 mm, 16-25 kurang lebih 0,5 mm, 28-34 kurang lebih 0,6 mm, lebih dari 36 kurang lebih 0,8 mm. Di luar batas toleransi itu, maka besi beton dapat dikatakan tidak memenuhi standar nasional Indonesia (SNI). Apabila anda memutuskan untuk menggunakan besi beton non-SNI, maka hal itu sangat berbahaya bagi bangunan yang akan anda buang.

Oleh karena itu, tim Wira Mas Indobangun telah menyiapkan daftar merk besi beton SNI terbaik yang bisa anda jadikan pilihan untuk konstruksi anda. Berikut daftarnya.

8 daftar merk besi beton SNI terbaik 2023

  • Master Steel (MS)
  • Lautan Steel (LS)
  • HIJ (Hanil Jaya Steel)
  • AS
  • Krakatau Steel (KS)
  • Interworld Steel (IS)
  • Delco Prima (DP)
  • Perwira

Berikut penjelasannya:

Master Steel (MS)

Besi beton merk MS adalah besi beton SNI yang diproduksi oleh PT The Master Steel Mfc. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1972 dan merupakan salah satu pioner dalam industri baja di Indonesia. Selain digunakan di Indonesia, besi beton MS juga telah diekspor di berbagai negara di dunia diantaranya Amerika Serikat, Australia, Singapura, Hong Kong, Vietnam, hingga Timur Tengah.

Besi beton merk MS menawarkan range ukuran yang lengkap dari terkecil hingga yang terbesar. BJTP 280 Master dijual dari ukuran 8 mm - 36 mm dan TS 420 B dari ukuran 8 mm - 36 mm. Besi beton merk Master sangat populer dan banyak digunakan di kawasan Surabaya, Jawa Timur dan Indonesia bagian Timur. 

PT Wira Mas Indobangun adalah salah satu distributor besi beton merk Master Steel di Surabaya yang siap memberikan penawaran terbaik untuk proyek anda di seluruh Indonesia. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Lautan Steel (LS)

Besi beton SNI selanjutnya yang akan kita bahas adalah besi beton merk LS (Lautan Steel). PT Lautan Steel Indonesia berpusat di Tangerang, Banten. PT Lautan Steel Indonesia sendiri mulai berdiri sejak tahun 2007 dan menghasilkan berbagai macam produk besi dan baja, salah satunya besi beton polos dan ulir.

Per bulannya, ada 50.000 ton besi beton LS diproduksi. LS menawarkan 3 jenis besi beton yang bisa anda pilih, yakni: polos BJTP 280, ulir BJTS 280, dan ulir BJTS420 dengan ukuran mulai dari 8 mm hingga 32 mm. Besi beton merk LS cukup populer dan banyak digunakan di berbagai proyek di seluruh Indonesia. 

Hanil Jaya Steel (HIJ)

Besi beton SNI merk HIJ diproduksi oleh PT Hanil Jaya Steel adalah salah satu pilihan besi beton SNI berkualitas yang kerap digunakan di berbagai proyek-proyek besar di Indonesia. Per 2010, PT Hanil Jaya Steel memiliki kapasitas steel making 360.000 ton per tahunnya. Selain itu, perusahaan ini memiliki beberapa sarana pendukung untuk memastikan kualitas besi beton yang diproduksi baik.

Besi beton SNI merk HIJ memiliki dua jenis, yakni BJTP 280 dan BJTS 420 yang tentunya sesuai dengan standar SNI 2052:2017 yang tentunya memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan. Besi beton ini diproduksi di Sidoarjo dan telah dipakai di berbagai daerah di Jawa Timur dan lainnya.

AS 

Besi beton SNI selanjutnya yang bisa dijadikan referensi dan pilihan adalah merk AS produksi Jakarta Central Asia Steel. Besi beton merk AS terdiri atas polos BJTP 280 (ukuran 8-16 mm), ulir BJTS 280 (ukuran 10-25 mm) dan ulir BJTS 420 (10-25 MM). Jakarta Central Aasia dapat memproduksi hingga 30.000 ton besi beton per bulannya yang siap untuk mensuplai kebutuhan proyek anda.

Krakatau Steel (KS)

Saya yakin anda sudah familiar dengan merk besi beton yang satu ini. Besi beton KS merupakan besi beton yang diproduksi oleh PT Krakatau Osaka Steel yang merupakan perusahaan patungan antara PT Krakatau Steel Tbk (Persero) dan perusahaan besi baja asal Jepang yakni Osaka Steel Co.Ltd. Besi beton merk KS diklaim memiliki nilai toleransi hanya 0,1 mm dari nilai tabelnya.

Mutu dari besi beton merk KS terjamin dan tentunya sudah memenuhi standar SNI. Besi beton merk KS terdiri atas polos BJTP 280 dan ulir BJTS 420 B. Besi beton merk KS cukup banyak dipakai untuk proyek-proyek besar di berbagai penjuru tanah air. Selain di Indonesia, produk besi beton merk KS juga telah diekspor ke luar negeri, misalnya Myanmar, Afrika, dan Timur Tengah.

Interworld Steel (IS)

Besi beton SNI merk IS adalah besi beton yang telah memenuhi standar SNI 2052:2017 yang bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi proyek anda. Besi beton IS diproduksi oleh PT Inter World Steel yang idirikan lebih dari 50 tahun lalu. Besi beton IS telah mensuplai berbagai proyek pemerintah dan bangunan-bangunan ikonik di Indonesia, salah satu diantaranya adalah pembangunan Jembatan Suramadu.

Besi beton IS memiliki toleransi rata-rata 0,2 mm yang tentunya masih jauh dari batas maksimal toleransi SNI 2017.

Delco Prima (DP)

Besi beton DP adalah besi beton yang diproduksi oleh Delco Prima Steel Mills yang memulai produksi pada tahun 1997. Besi beton polos merk DP dijual dari ukuran 8 mm hingga 36 mm, sedangkan untuk besi beton ulir merk DP dijual dari ukuran 8 mm hingga 36 mm yang tentunya sudah memenuhi standar SNI 2017.

Beberapa proyek yang menggunakan besi beton DP adalah Bandar Udara Internasional Kertajati Jawa Barat, Gedung FEB Universitas Brawijaya, Wisma Atlet dan lain sebagainya.

Perwira

Rekomendasi besi beton SNI yang terakhir dalam daftar ini adalah besi beton merk Perwira. Besi beton yang satu ini diklaim memiliki toleransi sekitar 2 mm. Besi beton Perwira banyak digunakan untuk membangun berbagai jenis konstruksi seperti jalan tol, gedung, dan jembatan.

Ada beberapa tips dalam memilih besi beton yang perlu anda ketahui. Diantaranya memilih jenis besi beton yang sesuai dengan kebutuhan anda, memastikan besi beton yang digunakan berkualitas, dan memilih distributor besi beton terbaik. 

PT Wiramas Indo Bangun adalah salah satu distributor dan supplier besi beton di Surabaya yang siap melayani permintaan barang ke Sulawesi, NTT, Papua, Kalimantan dan daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia. Jika anda memiliki kebutuhan besi beton SNI berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anda, silahkan kontak Wira Mas melalui nomor di bawah ini untuk mendapatkan penawaran harga terbaik:

📱 : 0821-2525-5118 (Albert)
✉️ : marketing@wiramas.com

Atau kunjungi laman berikut: PT Wira Mas Indobangun - Distributor Besi Beton Surabaya

 

 

 

_PRINT